EAST GYLET INTERNATIONAL

Ukuran Lift Rumah Sakit

Ternyata Segini Ukuran Lift Rumah Sakit dan Faktor Penting Lain yang Harus Dipertimbangkan

Bed Lift atau yang lebih sering disebut dengan lift rumah sakit termasuk lift yang dibuat khusus untuk pasien. Ukuran lift rumah sakit pun biasanya dibuat berbeda dengan lift penumpang pada umumnya. Telah hadir dan dibuat secara terencana untuk memenuhi institusi medis dalam memberikan layanan fasilitas, berikut ulasannya.

Ukuran Lift Rumah Sakit

Lift pada gedung rumah sakit telah didesain khusus untuk pasien agar dapat nyaman selama berada di dalam rumah sakit. Lift tersebut tidak hanya akan memuat pasien dan pengantarnya, tetapi berbagai perawatan medis juga. Ukuran standar lift rumah sakit yang biasanya digunakan berkisar 1500 mm x 2300 mm.

Namun, setiap vendor biasanya telah menetapkan ukuran yang telah disediakan, seperti 1000 kg berat yang bisa menampung maksimal 13 orang. Berikutnya lift yang dapat menampung beban 1600 kg untuk maksimal 12 orang dan 2000 kg yang memuat maksimal 26 orang. Ukuran tersebut sepenuhnya tidak mutlak dan bisa disesuaikan kembali.

Jika sedang mencari tahu informasi seputar lift yang digunakan untuk rumah sakit, ada baiknya untuk mengetahui berbagai jenis. Pahami dan pelajari setiap merek atau vendor yang menawarkan jasa pemasangan lift tersebut. Periksa berbagai komponen serta spesifikasi yang ditawarkan. Jangan sampai pemasangan lift tersebut mempunyai resiko dan berbahaya.

Faktor Penting Selain Ukuran yang Harus Dipertimbangkan

Kriteria dari lift sebuah rumah sakit memang seharusnya mendukung segala bentuk aktivitas yang terjadi di dalamnya. Menjadi salah satu akomodasi yang mempunyai peranan penting, membuat lift tersebut harus benar-benar memenuhi standar kriteria dan kualifikasi. Berikut faktor penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu:

1. Ukuran Car

Car adalah ruangan persegi yang digunakan untuk memuat manusia, barang atau material fisik lainnya seperti peralatan medis. Ukuran yang telah ditetapkan oleh sebuah rumah sakit biasanya beragam tergantung spesifikasi dan kebutuhannya. Hal ini disebabkan adanya berbagai barang medis yang seperti kasur, kursi roda serta barang yang memakan lebih banyak tempat.

2. Interior

Berbagai desain interior sebuah rumah sakit, akan disesuaikan dengan gaya dan modelnya. Namun yang terpenting adalah kebersihan yang harus terjaga dengan baik, sehingga penggunaan bahan yang mudah dibersihkan lebih disarankan. Hal tersebut juga dilakukan agar material dalam kabin mudah untuk mendapatkan service dan perawatan sesuai SOP dalam rumah sakit.

3. Pemakaian Handrail

Pegangan atau handrail yang terdapat dalam lift sangat penting bagi pengguna. Banyak dari sebagian orang yang tidak mempunyai keseimbangan tubuh yang baik, terlebih pasien di rumah sakit. Pasien yang masih lemah dapat bertumpu dan memegang handrail. Oleh sebab itu handrail sangat tepat dan pas untuk melengkapi sebuah lift rumah sakit.

4. Lampu Penerangan

Tidak jauh berbeda dengan lift pada umumnya, lift sebuah rumah sakit pun dibuat dengan penerangan yang cukup. Pencahayaan pas yaitu tidak membuat silau mata dan juga tidak redup atau remang-remang. Material fluorescence lah yang biasanya banyak dipakai, tetapi letak dari penempatan lampu juga perlu diperhatikan.

5. Low Energy

Penerapan Low Energy yang ada dalam sebuah lift, biasanya telah ditawarkan oleh berbagai vendor elevator. Hal tersebut memungkinkan penggunaan inverter yang dapat membantu menghemat energy. Tidak hanya itu, bahkn mampu untuk menekan tarif listrik pada rumah sakit.

Demikianlah pembahasan seputar ukuran lift rumah sakit beserta faktor penting yang mempengaruhinya. Bisa menjamin keamanan serta kenyamanan pasien dalam sebuah lift menjadi fungsi utama dari sebuah lift rumah sakit. Jadi jika semuanya sudah berjalan sesuai SOP, maka dapat dikatakan jika lift yang ada sudah memenuhi kualifikasi standar.