EAST GYLET INTERNATIONAL

Tombol Lift dan Fungsinya

Ini 5 Tombol Lift dan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pencet!

Semakin ke sini semakin banyak gedung bertingkat seperti tempat perbelanjaan yang sudah memanfaatkan teknologi yang canggih seperti lift. Ditambah lagi, tersedia beberapa tombol lift dan fungsinya yang mempermudah untuk sampai di tempat tujuan masing-masing. Apalagi lift dapat memakan waktu yang lebih cepat ketika mendesak.

Bukan lagi sebuah rahasia jika jenis teknologi seperti lift ini memang menuntut pengetahuan para penggunanya apalagi jika memakai secara rutin. Walaupun memiliki canggih, bukan berarti lift dapat berjalan dengan sendirinya tanpa adanya tindakan dari pengguna untuk menekan tombol yang tepat. Berikut beberapa tombol yang ada di lift lengkap dengan fungsinya:

1. Tombol Angka

Jenis tombol yang pertama ini secara sederhana dapat dikatakan sebagai jenis tombol yang paling mudah dikenali ketika masuk ke lift. Apalagi biasanya tombol ini ditampilkan dalam berbagai jumlah sesuai dengan jumlah lantai yang terdapat pada sebuah gedung termasuk di universitas. Selain itu, tombol ini juga merupakan tombol penentu ketika dipakai.

Walaupun begitu sementara di sisi lain, masih ada yang terkadang merasa kebingungan ketika menentukan tombol angka mana yang harus ditekan. Pada umumnya, angka yang ditampilkan pada tombol lift mengisyaratkan angka dari lantai yang ada di sebuah gedung sehingga bisa disesuaikan. Namun ada juga pengecualian bagi tombol tambahan untuk tempat parkir.

2. Tombol Buka

Sementara itu, ada juga informasi yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui yang masih berkaitan erat dengan tombol lift dan fungsinya. Apalagi jenis tombol ini tidak kalah berperan penting jika dibandingkan dengan jenis tombol angka dan menjadi kunci utama. Tanpa adanya tombol ini, teknologi lift pun tidak dapat digunakan.

Jenis tombol ini biasanya digunakan untuk membuka lift untuk masuk pertama kali ataupun ketika ada keperluan lainnya yang bersifat mendesak. Misalnya ketika seorang pengguna lift datang secara terlambat dan hampir ketinggalan, maka pengguna yang sudah di dalam lift dapat membantu. Pengguna hanya perlu menekan tombol ini dan lift akan terbuka.

3. Tombol Tutup

Untuk jenis tombol yang terdapat di lift yang masih berkaitan dengan tombol buka adalah tombol yang bertolak belakang, tombol tutup. Jenis tombol tutup ini memiliki fungsi untuk menutup pintu lift terutama setelah semua pengguna masuk ke dalam lift. Selain itu, tombol ini juga merupakan sebuah tanda ketika lift sudah penuh.

4. Tombol Bel

Kemudian ada tombol lainnya yang sebenarnya sudah dikenali kebanyakan orang namun fungsinya masih banyak tidak diketahui dan dibiarkan begitu saja. Padahal jenis tombol yang keempat ini memiliki fungsi yang bisa dikatakan paling penting terutama ketika dalam kondisi mendesak yang dialami. Ketika terjebak di dalam lift, silakan langsung menekan tombol ini.

5. Tombol Interkom

Untuk jenis tombol yang terakhir ini, biasanya juga dibiarkan begitu saja oleh para pengguna dan hanya dipakai ketika situasi darurat. Hampir sama dengan tombol yang sebelumnya, tombol ini biasanya dipakai ketika terjebak di lift dan perlu berkomunikasi dengan ruang operator. Melalui tombol tersebut, pertolongan akan lebih datang dengan lebih awal.

Ketika menekan tombol interkom ini, setiap pengguna akan dihubungkan dengan petugas operator lift dan dapat menyampaikan permasalahannya. Namun biasanya diperlukan waktu yang lama untuk terhubung dengan petugas.

Menggunakan lift dalam kehidupan sehari-hari memang bisa dijadikan sebagai cara yang terbaik untuk sampai di lantai tujuan masing-masing. Namun hanya sedikit yang benar-benar memperhatikan tentang tombol lift dan fungsinya sehingga terkadang merasa bingung terutama ketika terjebak. Padahal sudah ada tombol bel dan intercom yang dapat dimanfaatkan.