EAST GYLET INTERNATIONAL

komponen eskalator

Komponen Eskalator dan Fungsinya yang Ternyata Sangat Rumit!

Eskalator sudah bukan hal yang asing lagi karena banyak ditemukan di gedung-gedung bertingkat. Karena memang eskalator ini memiliki fungsi untuk memudahkan manusia. Tapi pernahkah terpikir, apa saja komponen eskalator dan fungsinya masing-masing. Tentu saja setiap komponen tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Hal ini bertujuan agar eskalator tersebut dapat berjalan dengan baik.

1. Rel

Komponen eskalator pertama adalah rel. Fungsi dari komponen ini adalah menjadi pengarah. Jadi saat ada gerakan luncur pada rantai dan roda penggerak anak tangga, komponen ini akan menentukan arahnya. Apabila eskalator tersebut mengarah untuk turun, maka rel ini akan mengatur supaya arahnya benar dan tidak membuatnya menjadi keluar jalur ataupun melenceng.

2. Pegangan Tangan

Bisa dikatakan kalau komponen yang satu ini paling mudah untuk dikenali. Karena memang letaknya di luar, dan tidak dihalangi dengan apapun. Diletakan di luar bukan tanpa tujuan apapun. Melainkan pegangan tangan ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan pengguna. Jadi pengguna tidak akan jatuh ataupun terpeleset saat menaiki ataupun ketika turun dari eskalator.

3. Lantai Pijak

Nama lain dari lantai ini adalah landing plates dan sesuai dengan namanya digunakan untuk pijakan. Selain itu ada fungsi lain yang dimiliki oleh lantai ini yaitu untuk menutupi bagian mesin di bawahnya. Bagian ini akan didesain dengan baik, dan dibuat senyaman mungkin. Tujuannya agar pengguna tidak mengalami kesulitan saat sedang menaikinya.

4. Lantai Bergerigi

Selanjutnya adalah lantai bergerigi, yang letaknya berdampingan dengan lantai pijak. Dibanding dengan lantai pijak, lantai ini memiliki lebih banyak fungsi. Beberapa fungsi tersebut diantaranya menghilangkan kotoran yang mungkin saja ada di bagian eskalator. Lalu, lantai ini juga bisa digunakan sebagai lantai untuk mendarat bagi pengguna, dan juga untuk menutupi bagian mesin di bawahnya.

5. Ruang Mesin

Sesuai dengan namanya ruangan ini digunakan untuk meletakan berbagai macam mesin. Seperti penggerak mekanik untuk eskalator, berbagai jenis mesin, gear reducer, dan berbagai jenis mesin lainnya. Tentunya setiap mesin tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Alasan kenapa mesin tersebut diletakan di ruang mesin supaya tidak keluar tempat, dan mengganggu pengguna eskalator.

6. Peralatan Listrik

Eskalator dapat bergerak naik dan turun tentu dikarenakan adanya komponen yang membantu. Salah satunya adalah peralatan listrik ini. Di sini dapat mengatur arah eskalator yang naik ataupun turun. Sekaligus juga pada bagian motornya dapat dihidupkan dan dimatikan menggunakan komponen ini. Lalu dapat juga mengurangi kemungkinan terjadinya eskalator rusak, ataupun kecelakaan.

7. Rantai dan Roda Gigi

Komponen selanjutnya merupakan komponen yang tidak kalah penting. Fungsi utamanya adalah menggerakan anak tangga. Selain itu rantai ini juga digunakan pada pegangan tangan. Kalau rantai dan roda ini tidak ada, maka tentu eskalator tersebut tidak dapat berjalan dengan benar. Selain itu kalau komponen ini rusak, juga membuat eskalator tidak dapat berjalan.

Selain beberapa komponen yang disebutkan di atas, masih ada lagi komponen lainnya yang ada pada eskalator. Seperti lighting (pencahayaan), anak tangga, dan unit penggerak. Semua komponen tersebut tentu memiliki fungsinya tersendiri, dan kalau tidak ada maka dapat menyebabkan pergerakan eskalator kurang baik. Karena itu semua komponen eskalator ini harus berfungsi dengan baik.

Jangan sampai ada komponen yang menghilang. Karena kalau ada satu saja komponen eskalator yang tidak dapat berfungsi dengan baik, maka itu akan berpengaruh ke eskalator secara keseluruhan. Dengan begitu, tentu harus dipastikan kalau semua komponennya ini dapat berjalan dengan baik sebelum eskalator digunakan.

PESAN LIFT DAN ESKAVATOR UNTUK RUMAH ATAU GEDUNG

Pesan lift untuk rumah atau gedung kantor di SUPPLIER LIFT DAN ESKALATOR terpercaya
PT EAST GYLET INTERNATIONAL
Phone: +62 811-1443-700
Email: sales@eastgylet.co.id
Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 47.5, Cibinong, Bogor, jawa Barat, 16192