EAST GYLET INTERNATIONAL

fungsi eskalator

Fungsi Eskalator Secara Umum dan Fungsi Setiap Bagian

Mungkin bagi yang sering berkunjung ke gedung tinggi seperti mall, hotel, atau perkantoran sudah tidak asing dengan eskalator atau tangga jalan ini. Karena memang salah satu fungsi eskalator ini adalah memudahkan manusia supaya dapat berpindah lantai dengan mudah. Oleh sebab itu eskalator ini hampir selalu ada di setiap gedung bertingkat.

Fungsi Umum Eskalator

Seperti yang dikatakan tadi bahwa hampir setiap gedung bertingkat ini pasti memiliki eskalator. Karena memang eskalator ini dinilai dapat lebih memudahkan manusia. Untuk fungsi eskalator sendiri sebenarnya sangat luas, namun untuk pembahasan awal ini yang akan dibahas adalah fungsi secara umumnya. 

1. Mengangkut Manusia

Pertama adalah eskalator ini berfungsi untuk mengangkut manusia untuk memindahkannya dari lantai di bawahnya ke atas ataupun sebaliknya. Dengan begitu tentunya manusia akan lebih mudah untuk berpindah tempat. Energi yang harus dikeluarkan juga lebih kecil jika dibandingkan menggunakan tangga biasa untuk berpindah lantai, dan lebih hemat waktu juga.

2. Mengangkut Barang

Ternyata selain bisa digunakan untuk mengangkut manusia, eskalator ini juga dapat digunakan untuk mengangkut barang. Biasanya eskalator yang digunakan adalah eskalator dengan bentuk lurus tanpa lekukan. Apabila di mall yang biasa ditemukan adalah eskalator digunakan untuk memindahkan troli, stok barang, dsb. Tentu ini dilakukan karena dinilai lebih mudah, dan hemat waktu.

3. Menjadi Alat Transportasi Pendamping Lift

Eskalator juga dapat digunakan sebagai alat transportasi berdampingan dengan lift. Jadi, apabila lift tidak dapat digunakan atau sedang penuh maka bisa memilih eskalator. Tentu dengan begitu, seseorang tidak perlu membuang waktunya untuk menunggu lift. Karena sudah ada eskalator yang juga dapat mengantarkan manusia dengan lebih cepat, dan efisien.

Fungsi Eskalator untuk Setiap Bagiannya

Setelah mengetahui fungsinya secara umum, kali ini juga akan dibahas tentang fungsi dari setiap bagian eskalator secara spesifik. Mungkin banyak yang penasaran dengan bagian eskalator yang selama ini ditemui. Karena itu di sini akan dibahas semuanya. Jadi nanti saat menaiki eskalator sudah mengetahui fungsi dari setiap bagiannya.

1. Pinggiran Eskalator Menjaga Keamanan Penumpang 

Pertama adalah mencegah keamanan penumpang menjadi terancam. Fungsi ini dapat dijalankan oleh salah satu bagian eskalator yakni sikat pada bagian pinggirnya. Mungkin awalnya banyak yang menyangka kalau bagian ini untuk membersihkan sepatu ataupun sandal. Namun ternyata  fungsinya adalah untuk mencegah supaya kaki pengguna tidak terlalu ke pinggir, dan akhirnya terluka karena itu.

2. Garis kuning Mencegah Kaki Masuk ke Inner Deck

Selanjutnya adalah bagian kuning yang selama ini selalu ada di eskalator. Ternyata bagian ini memiliki fungsi penting untuk eskalator yakni mencegah kaki masuk ke inner deck. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kalau kaki masuk ke inner deck dapat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Seperti kaki terjepit, atau bahkan seluruh badan masuk ke eskalator.

3. Overload Detection Device untuk Mendeteksi Kelebihan Muatan

Bagian ini sering disebut juga dengan overload detection device, fungsinya adalah untuk mendeteksi apabila eskalator sedang kelebihan muatan. Nantinya sensor yang ada di bagian ini akan aktif. Kemudian aka nada alarm yang menjadi penanda bahwa eskalator sedang kelebihan muatan. Biasanya kalau eskalator sudah canggih, maka akan otomatis berhenti dengan sendirinya.

Itulah tadi beberapa fungsi eskalator secara umum, dan juga fungsi dari setiap bagiannya yang mungkin selama ini tidak disadari oleh pengguna. Ternyata fungsinya ini sangat membantu dan memudahkan manusia. Jadi lebih hemat waktu, dan tentu tidak harus mengeluarkan tenaga yang besar.

Pesan Lift Dan Eskavator untuk Rumah atau Gedung

Pesan lift untuk rumah atau gedung kantor di SUPPLIER LIFT DAN ESKALATOR terpercaya
PT EAST GYLET INTERNATIONAL
Phone: +62 811-1443-700
Email: sales@eastgylet.co.id
Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 47.5, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, 16192